Oh Pekanbaru Riau Ku

bagi yang udah kangen ma Pekanbaru nih ada beberapa foto2 untuk mengenang pekanbaru

air mancur di depan kantor walikota ini kalo malam hari apa lagi hari libur rame dikunjungi warga yang punya anak kecil, anak kecil suka banget liat air mancur nya

tau donk dengan pesawat yang satu ini, yups masih eksis sampai sekarang yang merupakan salah satu ikon kota pekanbaru

mesjid agung Annur sekarang sudah di renovasi besar2an dan menjadikan salah satu mesjid termegah se Sumatra… kalo dulu di depan mesjid aad stadion Hang Tuah sekarang stadion itu udah di hancurin dan dijadikan taman mesjid, sedangkan sport center pindah ke daerah rumbai

yah beginilah kira2 gambaran pekanbaru di waktu malam, geliat bisnis malam di pekanbaru sudah mulai bergairah

Mall Pekanbaru salah satu ikon sentra bisnis di Pekanbaru khususnya Ponsel

he…he… Promosi

Gedung DPRD termewah se Indonesia

Ini mesjid tertua di Pekanbaru namanya Mesjid Raya, mesjid ini di bangun oleh kesultanan Siak, di area mesjid ada makam pendiri kota Pekanbaru, dan sekarang Mesjid ini dalam tahap renovasi besar2an dan akan dijadikan salah satu aset pariwisata di Pekanbaru

gini nih air mancur yang di depan kantor walikota pekanbaru sering dijadikan tempat istirahat atau sebagai hiburan warga

Kemaren ada yang bertanya tentang Pustaka Pekanbaru yang katanya salah satu pustaka termegah di Indonesia, noh ada gambarnya… mengambil model dari bentuk tatakan Al Quran ini dia gedungnya

Dan ini gambar Anjang Sana Idrus Tin Tin, yaitu theater tertutup. Disinnilah AMI 2007 dilaksanakan. Nama Idrus Tin Tin sendiri diambil dari nama sastrawan besar dari Riau… dan popoh termasuk bersyukur karena pernah belajar dari beliau dan pernah sama2 ikut mewakili propinsi Riau waktu Festival Budaya Se- Sumatra tahun 2000

Tau gak kalau Durian di Pekanbaru gak kenal musim alias di Pekanbaru buah Durian selalu ada… kalau sekarang durian lagi musim-musimnya hampir disetiap sudut kota bisa ditemui pedagang durian, kalo gak terlalu musim bisa kok nyari durian di sepanjang jalan Sudirman

Bolu Kemojo merupakan salah satu penganan khas Pekanbaru, kalo mau datang ajah lebaran ke rumah popoh, atau yang mau pesan bolu kemojo untuk lebaran bisa pesan ma popoh ajah, di jamin lebih enak dari yang di jual di pasar2. dan tentu saja popoh udah dapat izin dari Depkes loh

Kalo Pekanbaru terkenal dengan durennya udah pasti donk ada hasil olahan duren yang khas, yups salah satunya Lempuk Durian, ini oleh2 khas dari Pekanbaru loh…. Lempuk Durian beda dengan dodol durian walau bentuknya mirip tapi rasa nya beda, cobain aja enak kok. nih salah satu bentuk kemasan lempuk durian

Sebenarnya dulu Pekanbaru dikenal dengan nenasnya, dan walaupun sekarang pamor nenas udah berkkurang tapi masih menjadikan nenas pekanbaru itu beda dari nenas yang lain, rasanya manis banget..
yang lucunya nenas yang manis bisa didapati pada nenas yang mengkal atau setengah mateng, kalo yang udah menguning atau masak, justru rasanya agak asam, biasanya nenas yang sudah masak ini dijadikan selai.
tapi keripik nenas juga enak kok, dan juga wajib menjadi oleh2 kalo berkunjung ke Pekanbaru

Ada nih minumaN khas Riau yang namanya unik… Laksmana Mengamuk… untuk keterangan bisa di liat di forum kuliner yah hehehe, begini kira2 tampilannya

cara buanya gampang asal ada kuini yang masak pasti nanti ku ajarin ya…
1. Pacu Jalur
Event tahunan ini menjadi event internsional, tiap tahun di agendakan untuk memeriahkan HUT RI diadakan event yang namanya pacu jalur, yang diadakan di Taluk Kuantan.

2. Balimau Kasai
Ini ritual masyarakat Kampar menyambut bulan Ramadhan dengan berduyun-duyun mandi ke sungai Kampar membersihkan diri sebelum bulan Ramadahn tiba.

3. Bakar Tongkang
Ini ritual yang diadakan oleh masyarakat keturunan Tiong Hoa di Bagan Siapi Api mengadakan semacam ritual. dan bukan hanya masyarakat sekitar ajah yang mengikutinya biasanya masyarakat keturunan dari seluruh Indonesia ada juga yang datang bahakan dari luar negeri juga ada yang datang.

4. Istana Siak
Ini istana di hadiahkan ke pemerintah oleh Sultan Siak terkahir sebagai bakti untuk Indonesia. Dan di instana ini terdapat yang namanya Komet yang hanya ada 2 didunia ini yang satu di Istana Siak dan satu lagi di Jerman. di Istana Siak terdapat sebuah Brankas misterius karena belum bisa dibuka sampai saat ini.

5. Candi Muara Takus
Candi ini merupakan candi Budha peninggalan kerajaan Sriwijaya. Sebelum di Palembang pemerintahan Sriwijaya lebih dahulu berkembang di Riau tepatnya di Kampar…
Candi ini disebut2 sebagai replika Candi Asoka di India.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s