Film China Vs Film India

Film India dan film Cina yang sering sekali ditayangkan di stasiun-stasiun televisi Indonesia ternyata punya ciri khas sendiri. ciri-ciri khas kedua jenis film tersebut mungkin kira-kira sperti ini

I. Ciri Khas Film Cina

1. Yang jadi orangtua sang jagoan selalu bernasib sial dan biasanya selalu dibunuh oleh musuh saat si jagoan masih muda, dan si jagoan akan jadi yatim piatu, lalu diasuh sama orang lain sambil diajarin ilmu silat

2. Ketika seseorang terluka berat dan sekarat, ia selalu berhasil bertahan hidup dan mengucapkan beberapa kalimat untuk mengungkapkan si pembunuh sebelum kepalanya terkulai dan menyatakan dirinya telah benar2 mati..

3. Orang-orang yang mahir kungfu mampu terbang ke atas atap, ke atas pohon dan menempuh jarak jauh tanpa berkeringat. Namun saat berjalan ke kota dan desa-desa mereka tetap harus berjalan kaki atau menunggang kuda (kenapa nggak terbang aja, ya?)

4. Sang jagoan tak perlu bekerja untuk mendapatkan uang, namun selalu memiliki uang emas dan perak untuk membayar makanan mereka (jangan-jangan hasil nyolong sama nipu sana nipu sini…)

5. Sang jagoan dan sang penjahat akan saling bertemu walaupun negara mereka sangat luas dan tak peduli dimanapun mereka berada.

6. Menyembuhkan luka dalam di tubuh cukup dengan duduk bersilang kaki, telapak tangan di lutut dan asap keluar dari kepala.

7. Mereka bisa menyimpan banyak barang di baju lengan panjang mereka dan tak pernah menjatuhkannya. Terutama sedemikian banyak logam-logam emas….

8. Sang jagoan biasanya kalah duluan (Seperti film Indonesia…)

9. Sang jagoan pasti botak atau gondrong. Soalnya yang botak itu pasti si JET LEE, sedangka n yang gondrong siapa lagi kalau bukan JACKY CHAN.

10. Saat adegan duel terakhir pasti di tanah lapang (ganti tempat napa…)

11. Jika sedang bertarung pasti bunyi pukulannya khas.

12. Waktu udah terdesak, baru deh si jagoannya ngeluarin jurus rahasianya. Setelah kena jurus rahasia, si musuh pasti mendadak jadi kena virus goblok, sial, dan kalah melulu, sampe akhirnya tewas di tangan sang jagoan (kalo gitu, kenapa nggak dari awal aja ngeluarin jurus rahasianya?)

13. Saat sang jagoan menang duel bertarung dalam adegan terakhir. Sang jagoan yang terluka berjalan sendirian meninggalkan sang bandit atau musuh lalu tamat deh……..

II. Ciri Khas Film India

1. Jagoannya tidak akan merasa sakit saat melakukan perkelahian sengit namun akan mengaduh sakit saat seorang wanita berusaha membersihkan lukanya.

2. Tokoh jagoan cowoknya nggak pernah jatuh cinta pada jagoan wanita kecuali sebel umnya mereka menari-nari di bawah hujan.

3. Sekali dipakai make-up nya tidak pernah luntur, saat hujan ataupun saat lainnya.

4. Dua orang kekasih bisa menari-nari di tengah lapangan dan entah dari mana 100 orang lainnya akan muncul dari antah berantah dan bergabung menari bersama mereka.

5. Kalo jagoan sama ceweknya jalan bareng terus liat pohon 1 batang aja, tanpa dikomando lagi pasti mereka langsung nari-nari ngelilingin itu pohon (gimana kalo mereka jalan-jalan ke Kebun Raya, ya? Bisa nari terus tuh bawaannya…hahaha…)

6. Pada babak akhir, sang jagoan akan menyadari bahwa si tokoh jahat yang dilawannya sebenarnya adalah saudara kandungnya, wanita tua yang mencarinya adalah ibunya dan kepala inspektur adalah ayahnya serta sang hakim adalah pamannya dan seterusnya(…..bingung ya….?)

7. Kata-kata Inggris yang biasanya muncul adalah (biasanya diucapkan keras2 di antara kalimat) No Problem!, My God!, Get Out!, Shut-up!, Impossib le!, Please forgive me! Darling…

8. Mereka berguling-guling dan berputar-putar sambil bernyanyi dari taman, lalu tiba-tiba langsung udah nari-nari lagi di gunung, terus (secara tiba-tiba juga) langsung dilanjutin lagi narinya di pantai, sampe akhirnya balik lagi ke taman.

9. Mereka bisa berlari mengelilingi pohon kelapa entah apa yang pasti pohon, bernyanyi, saling memandang dan memalingkan muka menggoda dan berganti pakaian pada waktu yang sama tanpa menarik nafas….

10. Jika menari dan menyanyi selalu berpelukan, sang jagoan mencium leher si wanita dan menarik selendangnya atau tangannya.

11. Polisinya selalu jadi bulan-bulanan, dan selalu tunduk dan taat pada orang kaya atau saudagar (mirip di Indonesia, ya? Polisinya pada tunduk sama orang-orang berduit…)

12. Biasanya bila sedang adegan duel atau berkelahi antara jagoan dan banditnya, pasti selalu ada tumpukan drum kosong atau tumpukan kardus kosong dan gerobak. Biasanya sih buat dijadiin tempat mendarat bua t musuhnya sehabis dibanting sama sang jagoan.

13. Biasanya nama sang jagoan kalo nggak Raja ya pasti Raju. Dan nama sang Banditnya adalah Tuan Thakur, Tuan Singh, Tuan Bhahadur (ibunya jagoan sama bandit sama-sama nggak kreatif ngarang nama buat anaknya…)

14. Saat – saat adegan terakhir kekasih jagoan disandera oleh bandit, setelah itu duel antara jagoan dan bandit. Sudah dapat ditebak sang bandit pasti kalah dan saat akan menghembuskan napas yang terakhir si bandit mengakui kesalahannya (insaf-nya telat, ya…)

15. Si jagoan bertemu dengan kekasihnya lalu berpelukan dan bernyanyi udah deh tamat.

Hayoo ada yang mau nambahin???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s