membuat Password di Word Excell dan Membukanya pake software

DALAM membuat sebuah dokumen, adakalanya kita membutuhkan sebuah privasi ataupun proteksi untuk dokumen tersebut. Misalnya saja kita membuat sebuah laporan keuangan yang sifatnya rahasia yang semestinya boleh diakses hanya oleh beberapa pihak, sementara komputer tempat dokumen tersebut berada, merupakan komputer “umum”. Contoh lain, kita sedang membuat konsep “surat cinta” yang sifatnya sangat pribadi yang kita simpan di flash-disk yang kadang dipinjam orang lain. ;)
Nah, untuk menyiasati hal itu, tentu kita memerlukan semacam “gembok” yang hanya kita—dan beberapa orang tertentu—saja yang bisa membukanya.

Mengunci Dokumen Ms-Excel & Ms-Word

Untuk membuat password pada dokumen Ms-Excel & Ms-Word, eksekusinya adalah pada saat kita menyimpan dokumen tersebut.

  1. Klik Save atau Save As
  2. Pada kotak dialog “Save As” yang kemudian muncul, cari & klik Tools –> General Options
  3. Pada kotak opsional “Save”, masukkan password yang kita kehendaki, baik untuk membuka ataupun merubah dokumen kemudian, lalu centang box “Read-only”—jika diperlukan (lihat gambar.1a & gambar.1b)
    (gambar.1a)

    (gambar.1b)

  4. Ulangi password yang telah kita masukkan tadi (lihat gambar.2a s.d gambar.3b)
    (gambar.2a)
    (gambar.2b)


    (gambar.3a)


    (gambar.3b)

  5. Simpan dokumen dengan nama yang kita kehendaki

Membuka & Merubah kembali Dokumen Ms-Excel & Ms-Word yang ter-Password

  1. Untuk membuka dokumen yang telah simpan dengan disertai password, maka kita perlu memasukkan password tersebut dengan benar (sifatnya “case sensitive”, yaitu huruf kecil harus ditulis dengan huruf kecil, begitupun sebaliknya; lihat gambar.4a s.d gambar.5b)
    (gambar.4a)
    (gambar.4b)


    (gambar.5a)


    (gambar.5b)

  2. Ada dua opsi membuka dokumen, yaitu “Read-only; hanya untuk dibaca” & “untuk kita sisipi perubahan”. Untuk opsi Read-only, baik untuk dokumen Ms-Excel maupun Ms-Word, kita cukup klik tombol “Read-only” (lihat gambar.5a & gambar.5b). Namun jika kita ingin menyisipkan perubahan pada dokumen yang akan kita buka, untuk dokumen Ms-Excel, setelah kita klik tombol “OK” (gambar.5a) kemudian kita klik tombol “No” pada kotak perintah berikutnya (lihat gambar.6). Untuk dokumen Ms-Word, cukup klik tombol “OK” (gambar.5b)
    (gambar.6)
  3. Untuk dokumen yang kita buka dengan opsi “Read-only”, jika ternyata kemudian kita harus melakukan perubahan dokumen, maka kita harus menyimpannya dengan nama dokumen lain (lihat gambar.7a s.d gambar.7c)
    (gambar.7a)
    (gambar.7b)


    (gambar.7c)

sumber : http://usmandidikhamdani.blogspot.com/2008/05/mem-password-dokumen-ms-excel-ms-word.html

cara di bawah adalah untuk membongkarnya bila  lupa atau tidak tahu passwordnya tapi jangan di slah gunakan ya… peace

Untuk mengamankan dokumen, seringkali kita melindungi dokumen dengan password. Demi alasan keamanan juga, kita memberi password yang berbeda2 pada setiap dokumen tersebut, sehingga sering kejadian data yang kita simpan terlalu aman hingga kita sendiri tidak bisa membukanya karena lupa passwordnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa memanfaatkan sebuah software pengingat password. Salah satu software yg bisa kita manfaatkan adalah Free Word / Excel Password Recovery.

free word excel password recovery 300x182 Software Gratis untuk Membuka Password MS Word dan Excel

Cara menggunakan sofware pembuka password ini cukup mudah, yaitu:

  • Tentukan file MS word/excel yang akan dicari passwordnya di tab “select file”
  • Pilih dictionary yang akan digunakan di tab “dictionary recovery.” Dictionary ini akan membantu mencari password dari kata-kata yang disimpan dalam dictionary ini. Klik next.
  • Klik tab brute force recovery, tentukan karakter yang mungkin anda gunakan dalam password tersebut. Tentukan perkiraan panjang password yang anda gunakan. Usahakan rangenya jangan terlalu panjang karena kombinasinya akan semakin banyak dan prosesnya menjadi lama. Lebih baik sedikit demi sedikit.  Klik Next

Sekarang anda tinggal menunggu software tersebut mencari password file word atau excel anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s